13 Jun 2012

Glosarium Anime AKB0048 Bagian I



Posting ini terinspirasi setelah melihat artikel menarik disebuah fansubs internasional yang menerjemahkan glosarium anime AKB0048 yang ditulis di official websitenya. Nah, maka dari itulah saya juga ingin membuat artikel dalam Bahasa Indonesia agar penikmat film AKB0048 semakin memahami cerita anime ini. Sambil menunggu rilisan AKB0048 Episode 7 dari kami, tak ada salahnya kita membaca artikel yang akan saya paparkan berikut ini.

AKIBASTAR


Bagi yang sudah menonton anime ini sampai episode 4, pasti sudah tak asing lagi dengan nama bintang ini. Oh ya, sepengetahuan saya selama menonton anime ini, mereka tinggal di bintang, setelah manusia meninggalkan bumi (CMIIW). Yak, mari kita lanjutkan. Akibastar adalah pusat operasi AKB0048. Bintang yang berada di wilayah perlindungan hiburan. 
Permukaan bintang ini telah rusak akibat perang, tapi ternyata dibawah tanah ada sebuah kota yang berkembang. Kota itu adalah "kota suci" untuk semua penikmat hiburan.
Asrama AKB0048 (gambar sebelah kanan) juga berada di bintang ini. Asrama ini dilengkapi dengan ruang latihan dan ruang makan. Asrama ini menjadi tempat tinggal para anggota yang direkrut dari berbagai bintang di seluruh galaksi. Dan tak ketinggalan, panggung konser AKB0048 juga ada di planet ini.

ROBOT TEMPUR AKB0048


Ini adalah robot tempur AKB0048 yang digunakan saat perperangan melawan robot tanpa awak DES untuk melindungi konser yang sedang berlangsung disana. Dan yang mengemudikan robot itu tak lain adalah anggota  dari AKB0048. Beberapa mesin yang lain dibuat disesuaikan dengan anggota yang menggunakannya.

KONSER AKB0048


Kalau di Akibastar, bintang yang ada didalam wilayah perlindungan hiburan, konser diadakan seperti biasa didalam sebuah gedung. Tapi lain ceritanya kalau di planet yang melarang hiburan. Para idola ini harus menembus sistem pertahanan musuh untuk melangsungkan konser, maka dari itulah dinamakan konser gerilya.
Dalam konser ekspedisinya ke bintang-bintang, mereka pergi menggunakan pesawat tempur Katyusha untuk menempuh jarak antar bintang dan menembus pertahanan pertahanan musuh.
Saat berada didalam daerah orbit bintang, pesawat perang untuk pementasan diluncurkan dan masuk kedalam daerah atmosfir. Setelah melewati atmosfir, pesawat itu berubah menjadi bentuk panggung dan konser pun dimulai !

WOTA


Apa itu WOTA ?. Sebenarnya kata ini sedikit membingungkan, kenapa ? karena dalam dalam katakana, orang jepang menulis "OTA", yah tapi didalam filmnya mereka menyebutnya WOTA, jadi apa boleh buat. Mari kita lanjutkan membahasa WOTA.
Induk organisasi WOTA singkatan dari World Over Technology Association atau Asosiasi Teknologi Seluruh Dunia, dahulunya adalah organisasi penelitian yang pertama kali membuat alat transportasi yang lebih cepat dari cahaya., WOW !!, Sugoi.
Setelah umat manusia menjajah luar angkasa, mereka menggunakan aset dan koneksi mereka untuk mendukung AKB0048. Peringkat yang paling tinggi diantara mereka, yang disebut sebagai ota tertinggi adalah VIP dengan pengaruh yang sangat kuat dalam organisasi galaksi.
Mereka juga punya robot tempur yang telah dimodifikasi dan ditambahkan gambar-gambar para idola mereka di AKB0048.
Mengutip moral ceritanya dari fansubs internasional " Mereka adalah peneliti hari ini, tapi besok mereka adalah penggemar AKB0048 yang mengendarai robot tempur dan ikut dalam perperangan keras, Jadi belajarlah fisika ya anak-anak~", "Yaaaaa, Pakkk~".

ROBOT TEMPUR WOTA (ROBOT-ITA)


Saat pasukan DES datang menyerang ketika konser AKB0048 sedang berlangsung ataupun ketika sedang mengadakan suatu acara, WOTA datang membantu AKB0048 mengusir pasuka DES dengan robot tempur mereka. WOTA memodifikasi model lama pakaian konser yang digunakan oleh AKB0048. Bahkan beberapa anggota WOTA memodifikasi penampilan pakaian mereka seperti Itasha untuk menujukkan anggota AKB0048 mana yang mereka dukung ("oshimen").

KIRARA


Kirara adalah suatu makhluk hidup yang dapat bercahaya. Setelah teknologi perjalanan antar-dimensi dikembangkan, makhluk hidup misterius ini muncul dari ruang angkasa dan makhluk ini belum bisa dijelaskan secara detil.  
Bentuk kirara tidak tetap dan ia bisa berubah bentuk ke berbagai macam bentuk. Sifat Kirara yang diketahui adalah ia tertarik  dengan pancaran jiwa manusia dan Kirara akan bersinar saat pancaran jiwa manusia itu semakin kuat. Maka dari itulah, saat kirara berkumpul dan bersinar disekitar seseorang, itu menandakan orang itu mempunyai aura seorang idola.
Saat konser, Kirara akan bersinar lebih terang, dan menjadi lampu sorot untuk para idola. Saat sinar Kirara mencapai puncaknya, kekuatan Kirara akan terbuka yaitu dapat berpindah ruang dan waktu. Kekuatan itu disebut dengan jalur Kirara (Kirara Drive). Prinsip ini digunakan untuk penerbangan pesawat antar bintang.

LARANGAN HIBURAN


Setelah penerbangan antar bintang dikembangkan, manusia berpindah kehidupan ke bintang. Tapi tak lama sesudah itu, Organisasi Perdagangan Dalam Galaksi (Deep Galactic Trade Organization) D.G.T.O., memulai pemerintahannya. Dengan menggunakan kekuatan militer untuk berkuasa, mereka menyatakan bahwa manusia harus bersiap dengan kemungkinan akan adanya serangan dari alien ataupun bentuk kehidupan yang ada diluar bumi. Akibatnya, pasukan dengan aturan yang ketat pun didirikan.
Saat itu juga, mereka menyatakan bahwa hiburan dan lagu akan menyesatkan orang-orang, dan karena itulah "Peraturan Kegiatan Hiburan" dan "Pelarangan Hiburan" diberlakukan.
Tingkat pelarangan hiburan tersebut beragam disetiap bintang. Ada beberapa lembaga melarang semua kegiatan hiburan, tapi lembaga yang lainnya ada yang mengizinkan beberapa hiburan klasik dan tradisional. Ada planet yang melarang diadakan konser karena khawatir akan terjadi pemberontakan saat masa yang besar berkumpul, tapi planet itu mengizinkan penyiaran konser melalui TV dan radio.
Didalam wilayah kekuasaan D.G.T.O, siapapun yang terlibat dengan hiburan akan dianggap sebagai teroris. D.G.T.O secara aktif menekan aktifitas orang-orang yang terlibat dengan hiburan. Untuk menangani ini, pasukan spesial DES dibentuk. Konser gerilya AKB0048 sering menjadi alasan orang-orang di bintang itu berselisih dengan pasukan DES.

SISTEM MENJADI PENERUS


Selama perperangan bertahun-tahun yang lalu yang menyebabkan kehancuran di bumi, para idola AKB48 terus bernyanyi dan menari sampai bumi menemui akhir pahitnya, membawa cahaya penerang bagi jiwa orang-orang yang telah binasa. 
Dengan mewarisi cahaya, jiwa dan nama anggota-anggota asli legendaris itulah AKB0048 terbentuk. Para penerus dipilih bukan hanya dari penampilannya saja, tapi juga didasarkan pada kemampuannya bernyanyi, menari dan kemampuannya saat pentas. Tapi, faktor yang terpenting dari semuanya adalah "kemurnian jiwa". Ini faktor terpenting yang harus dimiliki untuk bisa meneruskan nama anggota yang asli.
Jika tak ada yang layak meneruskan nama anggota yang asli, maka posisi itu akan ditinggalkan sampai ada yang layak untuk menjadi penerus nama itu.
Dari anggota yang asli, saat ini kurang dari setengah yang sudah memiliki penerus, tapi kelompok idola ini berharap kalau AKB0048 akan bangkit sepenuhnya dengan adanya penerus seluruh nama anggota yang asli. Saat ini, dengan kelangkaan penerus, mereka tidak dibagi menjadi beberapa tim (dengan kata lain, saat ini hanya ada satu tim, yaitu "Tim 00").
Menembus pertahanan DES adalah aksi yang punya resiko besar. Maka dari itulah, selain jadwal padat mereka untuk latihan dan pementasan, semua anggota juga harus menjalani latihan bertempur yang ketat. Akibatnya, angka calon penerus yang keluar pun tinggi dan hanya beberapa orang yang bisa bertahan untuk waktu yang lama.

LAHIRNYA TAHUN 00 KALENDER BINTANG

Di awal abad ke-21, melalui eksperimen percepatan partikel, ditemukanlah zat kimia misterius yaitu "Dualium". Dengan ditemukannya dualium, manusia mulai mengembangkan teknologi ruang angkasa. Dalam proses peneletian lebih lanjut, ditemukan pula makhluk hidup ruang angkasa, yaitu Kirara dan setelah itu rahasia navigasi antar bintang pun terungkap.
Meskipun perjalanan antar bintang dikembangkan berkat ditemukannya dualium dan Kirara, perebutan sumber dan teknologi menghasilkan perang ruang dan waktu yang besar.
Perang besar itu menyebabkan kehancuran bumi hingga tidak bisa lagi menjadi tempat tinggal yang layak untuk umat manusia. Kemudian dengan menggunakan teknologi baru mereka, manusia bermigrasi ke beberapa bintang yang layak dihuni dalam galaksi Bima Sakti.
Itu adalah saat ketika persatuan antar bintang didirikan dan kalender bintang pun dimulai diawali dengan tahun 00.

PUSAT NOVA (BINTANG BARU)


Anggota 0048 yang ada saat ini bergiliran menjadi pusat anggota untuk setiap lagu baru, tapi sebelumnya pernah ada yang memegang posisi pusat anggota tetap yang dikenal sebagai Pusat Nova.
Saat Pusat Nova masih ada, Pusat Nova inilah yang akan menjadi pusat untuk setiap lagu. Selama konser, Kirara bukan hanya merasakan aura pusat anggota, tapi juga ketegangan penonton saat konser berlangsung sehingga Kirara bersinar semakin terang. Peristiwa ini menyebabkan posisi pusat dijuluki sebagai "Pusat Nova Suci".
Pusat Nova disebut sebagai "Idola diantara idola". Tapi karena alasan tertentu, banyak dari mereka yang lulus tiba-tiba atau menghilang. Singkat cerita, setelah Maeda Atsuko yang ke-13 menghilang, posisi Pusat Nova pun juga ikut menghilang.

DUALIUM

Dualium adalah sebuah zat kima spesial yang menjadi mediasi antara ruang normal dengan  ruang super. Namanya diberikan berdasarkan dualitas ini. Keberadaan zat ini benar-benar langka dan jumlah besar dari  bijih besi zat ini hanya akan menghasilkan sejumlah kecil zat murni.
Zat ini ditemukan pada awal abad ke-21 dalam percobaan percepatan partikel dan memungkinkan manusia untuk mulai mengembangkan teknologi ruang angkasa. Dengan berkembangnya perjalanan antar bintang, kolonisasi/pemukiman penduduk di sebuah bintang bukan menjadi hal yang mustahil lagi.

LANCASTAR


Ini adalah bintang yang menjadi kampung halamannya Nagisa, Yuuka dan Orine.
Industri utama di bintang ini adalah batu bara dan disana tak terhitung jumlah cerobong asap yang mengeluarkan asap dan abu setiap harinya sehingga udara disana menjadi kotor, kota tertutupi lapisan abu-abu dan atmosfir benar-benar terlihat suram.
Sebagai planet yang berada dibawah kekuasaan D.G.T.O., semua bentuk hiburan yang ada di bintang itu dilarang, namun berkat konser gerilya AKB0048 empat tahun yang lalu, peraturan tentang hiburan mulai direvisi secara bertahap.
Konser itu juga menginspirasi Nagisa dan teman-temannya untuk mencoba bergabung dengan AKB0048.

Untuk postingan bagian I ini saya cukupkan sampai disini dulu, karena saya harus meneruskan proyek AKB0048 episode 7 yang sebentar lagi akan kami rilis. Semoga setelah membaca artikel ini, semakin bertambah minat para penikmat anime untuk menonton anime AKB0048. Sampai ketemu lagi di postingan Glosarium Anime AKB0048 bagian II.


7 komentar:

  1. Kalo tentang Kwartet S. (Sensei Sensei) gimana?

    sudah ada yang tahu kah siapa sebenar'a dia?

    oia, kira", pusat anggota menghilang'a knpa?

    haha... maklum penasaran, baru eps 9 :)

    yang semangat ngsub'a yah.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam film ini memang semua lirik dan publikasi dikreditkan ke satu nama yaitu Kwartet.S. Nah, kwartet.S ini sendiri kayakanya inisial dari Sense-Sensei (Kwartet=Berempat). Dugaan sementara ya berarti sensei-sensei itu perwujudan dari empat orang berinisial S. Emang benar ? Ya aq ga tau juga. Soalnya memang ini masih jadi misteri. Kalo diungkap sekarang, ntar ga seru lagi ceritanya :D
      Dan pusat anggota yang hilang ?, Hmm,abis baca-baca artikel. Keknya ini idenya diambil dari kenyataan juga yang dikaitkan dengan Sawashiro Miyuki (Pengisi suara Maeda Atsuko/Acchan) : http://myanimelist.net/people/99/Miyuki_Sawashiro
      yang akan "lulus" dari AKB48 di bulan Agustus tahun ini.
      Yah, banyak spekulasi dari misteri-misteri di film ini. Daripada spekulasi yang ga jelas, mending kita tunggu kejelasannya di episode selanjutnya :)

      Hapus
    2. wah, makasih ya.. penjelasan'a,,

      ada kaitan'a jg toh sama karakter dunia nyata'a,, :D

      semoga anime'a ga buru"tamat.. ^^


      saya nungguin episode slanjutnya aja deh,,

      sebelum n sesudah'a, makasih ya Rian..

      oiya, kalo ada clip akb, boleh minta share jg ga nih?
      yg aitakatta/shoujotachi yo,, :p ^^

      Hapus
    3. Sip..
      Nantikan terus ya rilisan dari kami :)
      Oh ya soal clip AKB maksudnya file mp3 atau video clip lagunya ?
      Biar nanti dicariin :D

      Hapus
    4. pasti'a ^^, soal'a ud trlanjur pnasaran..
      video'a gan,, klo mp3'a udh pnya saya,,

      Hapus
    5. Udah dapat beberapa sih..
      Kebanyakan dah pada mati linknya..
      Ke Forum aja ya liatnya :
      http://subskun.forumid.net/t27-sharevideo-clip-akb48#255

      Hapus